Bacaan Doa Sebelum Makan Dan Sesudah Makan Atau Minum Beserta Latin Dan Artinya

Doa sebelum dan sehabis makanDoa sebelum makan dan sehabis makan atau minum sering kali di ajarkan oleh para orang busuk tanah pada anaknya yang masih kecil tepatnya pada usia dini. kita juga pasti pernah mengalaminya, diajari membaca doa sebelum dan sehabis makan oleh kedua orang tuanya, atau sebagai orang busuk tanah yang mengajarkan anaknya untuk membaca doa tersebut.

Doa sebelum makan dan sehabis makan atau minum sering kali di ajarkan oleh para orang busuk  Bacaan Doa Sebelum Makan Dan Setelah Makan Atau Minum Beserta Latin Dan Artinya
Ilustrasi orang sedang makan

Maka sudah tidak heran lagi anak pada usia dini sudah sanggup menghafal doa sebelum makan dan sehabis makan, walau pun dengan  bahasa yang terbata-bata atau tepotong-potong alasannya ialah ialah anak pada usia dini masih belum lancar berbicara, tapi sebagai orang busuk tanah harus bangga akan hal tersebut.kita sebagai orang cerdik balig cukup logika juga jangan sampai lupa akan doa tersebut dan membacanya pada dikala hendak makan atau sehabis makan atau minum.

Doa sebelum dan sehabis makan atau minum juga merupakan doa sehari hari yang harus kita ajarkan kepada anak dari usia dini menyerupai halnya doa sebelum tidur, atau doa-doa lainya.

Berikut ini ialah lafadz bacaan doa sebelum dan sehabis makan atau minum beserta latin dan terjemahnya.
Doa Sebelum/Hendak Makan

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Alloohumma barik lanaa fiimaa razatanaa waqinaa 'adzaa bannar

Artinya:
"Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka"

Bacaan doa diatas dibaca dikala kita hendak makan sebagai rasa syukur kita kepada Allah Swt yang telah memperlihatkan rezeki sehingga kita sanggup makan dan juga biar setan tidak mengganggu kita dikala sedang makan.
Doa Sesudah/Setelah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ
Alhamdu lillaahil ladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alnaa muslimiin

Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam"

Doa di atas di baca dikala kita selesai makan sebagai rasa syukur kita kepada Allah Swt yang telah memberi kita makan dan minum dan juga menjadikan kita sebagai orang muslim.

Doa Sesudah/Setelah Minum

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا
Alhamdu lillaahil ladzi ja'alahuu 'adzbam furootam birohmatihii wa lamyaj'alhu milhan ujaajam bidzunuubinaa

Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit alasannya ialah ialah dosa-dosa kami"

Doa diatas ialah  doa dikala kita selesai minum, sebagai rasa syukur kita kepada Allah Swt yang telah memberi kita nikmat berupa minuman yang segar yang telah menghilangkan rasa dahaga atau haus.

Ketika kita lupa membaca doa pada dikala makan, alasannya ialah ialah sudah sangat lapar kemudian pada dikala makan kita teringat bahwa belum membaca doa, di bawah ini ialah doa dikala kita makan tapi lupa membaca doa.
Doa Ketika Makan Lupa Membaca Doa 

بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi

Artinya:
"Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya"

Bacaan doa dikala lupa membaca doa hendak makan ini menurut sabda Nabi Muhammad Saw yang berbunyi:
Apabila salah seorang dari kalian makan, maka hendaklah ia ucapkan "Bismillah". Jika ia lupa untuk menyebutnya, hendaknya ia mengucapkan"Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi "(dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya).

Itulah bacaan sebelum makan dan setelah makan dan minum serta bacaan dikala lupa berdoa pada dikala makan, alangkah baiknya bila kita pada dikala akan melakukan sesuatu sebaiknya  membaca doa walaupun hanya membaca basmalah karna tidak tahu doa apa yang harus di baca. biar doa diatas bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar