Bacaan Bacaan Doa Menjenguk/Menengok Orang Yang Sakit Lengkap Dengan Latin Dan Artinya

Doa menjenguk orang sakitSakit, hampir setiap orang pasti pernah mengalaminya baik itu sakit yang ringan maupun sakit yang serius, sakit mampu di sebabkan karena tertimpa peristiwa maupun penurunan kondisi tubuh, dan juga banyak sekali faktor lainya, karna hal itu lah yang membuat orang menjadi sakit.

hampir setiap orang pasti pernah mengalaminya baik itu sakit yang ringan maupun sakit ya Bacaan Bacaan Doa Menjenguk/Menengok Orang Yang Sakit Lengkap Dengan Latin Dan Artinya

Namun di balik sakit yang kita alami mempunyai hikmah tersendiri pagi penderita maupun orang lain. Seperti yang sudah kita ketahui Alloh Swt mengatakan cobaan kepada setiap hamba-Nya mempunyai hikmah dan makna tersendiri baik itu cobaan lahiriah maupun batiniah. sebagai insan kita harus iklhas dan sabar untuk menjalaninya dan berdoa.

Baca Juga : Doa sebelum tidur dan berdiri tidur lengkap dengan artinya

Tak jarang kita mendengar teman, kerabat, sanak saudara, keluarga, tetangga mengalami sakit. Pada dikala kita menjenguk orang yang sedang sakit biasanya kita membawa kuliner dan buah-buahan namun tidak hanya itu sebaiknya kita juga mendoakannya supaya sakit yang sedang diderita segera dia angkat oleh Alloh Swt, supaya lekas sembuh dan mampu sehat kembali.

Apa doa Menjenguk orang sakit..?

Berikut ialah bacaan doa saat menjenguk atau menengok orang yang sedang sakit beserta latin dan terjemahnya.
Doa Menjenguk Orang Sakit

اَللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا
Allahumma rabban naas mudzhibal ba'si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa'an laa yughaadiru saqoman

Artinya:
"Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (hanya) Engkaulah yang mampu menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi." ( HR. Bukhari, No. 5742; Muslim, No. 2191).


Menjenguk atau menengok orang yang sedang sakit juga merupakan usulan Rasululloh Saw, berikut ini ialah sabda beliau.

إِذَا عَادَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِيْ خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ، فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ.
Atinya:
"Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim ( yang sedang sakit ), maka ( seakan-akan ) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapatkan rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba." ( HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih )

Itulah Hadist perihal menjenguk orang sakit, selain itu dalam menjenguk orang sakit juga mempunya adab-adab tersendiri. berikut ini ialah adat menjenguk orang sakit.

Adab-adab menjenguk orang sakit:

  1. Hendaknya dalam mengunjungi orang yang sakit diiringi dengan niat yang lapang dada dan tujuan yang baik.
  2. Hendaknya memperhatikan situasi dan kondisi yang sesuai saat hendak menjenguk.
  3. Hendaknya orang yang menjenguk mendo’akan orang yang sakit dengan kesembuhan dan kesehatan.
  4. Mengusap pecahan yang sakit dengan tangan kanan dan mengucapkan doa menjenguk orang sakit menyerupai doa diatas.
  5. Hendaknya menundukkan pandangan (tidak menatap dengan tajam), sedikit bertanya, mengatakan belas kasih kepada yang sakit, dan menasehatinya.
  6. Apabila melihat orang yang tertimpa cobaan peristiwa alam dan penyakit hendaklah berdo’a dengan suara yang pelan untuk keselamatan dirinya.

Baca juga: Doa selamat dunia darul abadi beserta artinya

Itulah doa menjenguk atau menengok orang sakit agar bermanfaat, dan Allah Swt, selalu mengatakan kesehatan jasmani dan rohani bagi kita semua, Amin.

Posting Komentar

0 Komentar