Resep Masakan Rendah Kolestrol

Resep Masakan Rendah Kolestrol - Gorengan yaitu salah satu kuliner yang paling digemari di Indonesia. Sebagian besar lauk yang dipakai sebagai pemanis nasi juga dihidangkan dengan cara digoreng. Padahal, kuliner yang mengandung minyak amat beresiko mengundang kolesterol, asam urat, dan penyakit stroke.

Pemilihan jenis kuliner yang akan dimasak dapat kuat pada penurunan resiko kolesterol. Misalnya, lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah daripada gorengan berminyak tentu akan jauh lebih sehat.

Tidak dapat dipungkiri, badan membutuhkan daging, ikan, telur, maupun lauk pauk lain untuk kebutuhan kalori. Untuk menyiasati biar protein tersebut tidak berubah menjadi menjadi kolesterol, ada baiknya Anda mengubah cara pemasakan. Dipepes, dan bukan digoreng, yaitu salah satunya.

Pepesan terperinci mengandung minyak yang jauh lebih sedikit daripada gorengan. Anda dapat mencoba bermacam-macam pepesan untuk daging atau ikan kesukaan Anda, dengan bumbu yang sama. Berikut ini yaitu salah satu contoh.

 Gorengan yaitu salah satu kuliner yang paling digemari di Indonesia Resep Masakan Rendah Kolestrol

Resep Pepes Teri Bumbu Kunyit


Bahan untuk menciptakan kuliner ini amat mudah. Siapkan ikan teri (atau ikan lain sesuai selera Anda), daun pisang, dan cabai rawit utuh.

Untuk bumbunya, siapkan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah, kunyit, jahe, serta garam. Haluskan menjadi satu.

Cara memasaknya, tumis semua bumbu dengan sedikit minyak hingga berbau harum, kemudian angkat dan dinginkan. Setelah cukup dingin, campurkan dengan ikan teri dan cabai rawit. Bungkus dengan daun pisang dan semat ujungnya dengan tusuk gigi. Kukus sekitar 30 menit.

Meminimalisir penggunaan minyak yaitu salah satu kunci menghindari kolesterol. Pada resep di atas, dapat dilihat minyak hanya dipakai saat menumis, sehingga hanya butuh 1-2 sendok saja. Cara lain untuk menghindari minyak yaitu dengan memanggang atau memanggang daging yang akan dikonsumsi. Selain lebih aman, daging (ayam atau sapi) lebih sehat daripada digoreng.

Jika memang terpaksa harus menggoreng, menyerupai tempe, tahu atau kerupuk, usahakan minyak yang dipakai benar-benar higienis dan panas, untuk menghindari kuliner menyerap minyak berlebihan. Selain itu, menempatkan kuliner di atas kertas penyerap minyak juga bermanfaat untuk menciptakan minyak turun. Saatnya hindari kolesterol dengan mengurangi gorengan dan pemakaian minyak berlebihan.

Posting Komentar

0 Komentar