Petunjuk Entry Nilai Raport Us Dan Usbn Pada Aplikasi Dapodik 2017B

Tulisan dengan judul Panduan Mudah Input Nilai Raport, US dan USBN di Dapodik ini untuk membantu para Operator Sekolah dan Guru dalam input Nilai Raport, US dan USBN di Dapodik. Sebelumnya perlu saya sampaikan khususnya kepada para kepala sekolah bahwa input nilai Raport, US dan USBN di Dapodik bukan pekerjaan yang sulit tetapi melelahkan dan membutuhkan kejelian. Walaupun dalam petunjuk disampaikan bahwa entri nilai ke dapodik dilakukan oleh guru, saya yakin khusus di sekolah binaan saya dalam pelaksanaan akan sepenuhnya dilakukan oleh operator Sekolah. Oleh alasannya yaitu itu sewajarnya pula Bapak/Ibu Kepala Sekolah menawarkan “perhatian” kepada para OPS.

BACA: SURAT EDARAN DIRJEN DIKDASMEN KEMENDIKBUD TENTANG PENGISIAN NILAI AKHIR RAPOR, US DAN USBN DI DAPODIK (DISINI)

Berikut  Panduan Mudah Input Nilai Raport, US dan USBN Di Dapodik versi Admin, kalau mau versi resmi silahkan di download eksklusif dilaman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

Pertama, unduh Patch_Dapodik_2017b sesudah selesai lalu install. Setelah selesai install Patch_Dapodik_2017b sebaiknya Anda coba login ke Dapodik sekolah masing-masing untuk memastikan fitur nilai sudah tersedia atau belum. Berikut ini teladan fitur nilai pada Aplikasi Dapodik 2017b




Kedua,  Unduh prefill nilai sekolah Anda. Kemudian copykan prefill nilai sekolah di folder C:// prefill_dapodik. Setelah prefill nilai dicopykan di di folder C:// prefill_dapodik, lalu masukan data prefill nilai ke dapodik sekolah Anda masing-masing. Caranya: pastikan sudah login ke aplikasi dapodik versi Dapodik 2017b lalu pilih Pengaturan selanjutnya pilih Prefill Rapor, masukan ibarat biasa arahan pendaftaran sekolah, username dan password yang biasa dipakai untuk membuka aplikasi dapodik sekolah masing-masing.

Jika Anda sudah berhasil memasukan Prefill Rapor, lalu pilih refresh atau F5 beberapa kali. Sepertinya pekerjaan menginput nilai sudah sanggup dilakukan. Sesuai pesan teks yang berjalan pada aplikasi dapodik dahulukan menginput nilai Rapor semester ganjil tahun 2016/2017. Yang lebih utama lagi dahulukan menginput nilai rapor kelas terakhir dan nilai US dan USBN.


NILAI RAPOR YANG HARUS DIISIKAN DI DAPODIK


Sebelum menginput nilai langkah awal yang harus dilakukan yaitu menginput mata penilaian (mata pelajaran) pada fitur nilai Rapor dan fitur nilai US / USBN.

Cara mengiput mata penilaian (mata pelajaran) pada fitur nilai Rapor = pilih semester aplikasi secara default memperlihatkan semester 1 tahun pelajaran 2016/2017. Kemudian Rombel (filter Rombel) saran saya pilih terlebih dahulu rombel kelas terakhir atau kelas 9 untuk SMP, contohnya 9A dst. Kemudian pilih Tambah untuk mengisi mata pelajaran (Isi secara berurutan lihat Rapor) contohnya Ururtan nomor 1 PAI dst.

Cara input mata penilaian (mata pelajaran) pada fitur nilai US dan USBN = pilih Rombel (pada filter Rombel akan tampil rombel pada kelas terakhir) misalnya kita pilih 9A dst. Kemudian pilih Tambah untuk mengisi mata pelajaran (Isi secara berurutan lihat Rapor).

Apabila kolom sebelah kiri atau Kolom Mata Evaluasi Rapor atau US/USBN sudah terisi, Anda sanggup mengisi kolom Nilai US/USBN, caranya double pilih pada mata pelajaran yang dipilih contohnya PAI, maka akan muncul kolom isian nilai US/USBN disamping kanan Anda.  Untuk mengisi nilai double pilih pada kolom yang akan diisi. Pada pengisian nilai US/USBN ada dua kolom yang harus diisi yakni Pengetahuan dan Keterampilan. NAMUN SESUAI JUKNIS PENGISIAN NILAI MERUPAKAN KEWAJIBAN GURU MAPEL MASING-MASING, CARA HAMPIR SAMA PENGISIAN QUISIONER PADA APLIKASI PENDATAAN MUTU PENDIDIKAN (PMP)

PENGISIAN NILAI RAPOR, US DAN USBN DISARANKAN OLEH GURU MAPEL MASING-MASING

Sesuai Petunjuk bergotong-royong Pengisian Nilai RAPOR, US dan USBN disarankan Oleh Guru Mapel Masing-Masing. Caranya:
1.    Pastikan setiap rombel yang akan diinput nilainya sudah terisi nama mata Evaluasi atau mata pelajaran. Urutan mata penilaian sebaiknya menurut urutan yang ada pada Rapor. (lihat klarifikasi di atas)
2.    Jika nama mata Evaluasi atau mata pelajaran sudah diinput oleh OPS, lalu buatkan AKUN LOGIN untuk PTK atau GTK. Caranya sebagai berikut:
Pilih GTK lalu pilih GURU, lalu pilih NAMA GURU yang akan mengunakan Dapodik sesudah itu pilih PENUGASAN, pada bab bawah pilih BUAT / UBAH AKUN PTK. Username yaitu nama email yang sudah diinput dalam profil PTK, silahkan masukan password gres bila ingin mengganti password atau bila lupa password sebelumnya.


Cara Membuat Akun PTK


3.    Silahkan kini login dengan Akun PTK, caranya login ibarat awal masuk (jika dikala ini masih sedang login dengan Akun OPS silahkan Anda logout terlebih dahulu.
4.    Saat login ke Aplikasi Dapodik, Masukan username dengan email PTK yang sudah terdapat di dapodik sekolah Anda dan password yang sudah Anda buat. Maka tampil Menu Dapodik khusus PTK akan terlihat ibarat gambar berikut.

Fiture Akun Guru pada Aplikasi Dapodik


5.    Untuk isi nilai Ada tinggal menentukan fitur Rapor atau USBN, lalu pilih kelas atau Rombel. Pilih  kelas/rombel maka akan muncul format isian nilai.

Catatan:

Fitur nilai US dan USBN terbagi dua yakni nilai Pengetahuan dan Keterampilan. Belum ada klarifikasi secara detail terkait nilai Pengetahuan dan Keterampilan. Berdasarkan pengalaman Nilai hasil Ulangan/ujian tulis masuk nilai pengetahuan, sedangkan nilai praktek masuk nilai keterampilan. Bagaimana bila tidak ada ujian praktek, sebaiknya nilai Keterampilan pada US dan USBN dikosongkan. (Lebih jelasnya silahkan hubungi dinas pendidikan kabupaten)

Selain itu, mohon hati-mohon hati dalam penggunaan Kuncian data nilai. Data nilai rapor dan US/USBN yang sudah final (benar dan lengkap) sanggup dikunci. DATA NILAI YANG TELAH DIKUNCI TIDAK DAPAT DIPERBAIKI KEMBALI.



= Baca Juga =



Posting Komentar

0 Komentar